Arsitektur Web
Definisi
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap
desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan
teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur
tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan
pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana
bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur
web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi
tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web
Web Semantik merujuk
kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan
hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih
kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk
berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat
mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada
suatu database.
Web Security
Suatu tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola,
biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.
Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di
dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama
yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau
lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya
ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus
dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
CONFIDENTIALITY
Confidentiality memiliki makna bahwa data-data ataupun
informasi-informasi yang berada di dalam sebuah website hanya dapat di baca
atau di akses oleh orang-orang yang memang memiliki kewenangan untuk
mengaksesnya.
INTEGRITY
Integrity memiliki pengertian data-data yang berada
didalam server atau website hanya dapat diubah ataupun di delete oleh orang
yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu. Sebagai contoh proses
transfer dari server ke client atau sebaliknya (dapat berupa upload maupun
download), ternyata mengubah file yang sedang di transfer tersebut, hal ini
mengindikasikan bahwa sebuah aplikasi website yang sedang digunakan tidak aman
(insecure). Sama halnya jika ada serangan sebuah virus yang dapat mengubah
sebuah file, entah itu mengubah nama ataupun isinya.
AVAILABILITY
Jika confidentiality bermakna hanya user yang memiliki
kewenangan yang dapat melihat data tertentu yang tersimpan didalam sebuah
server atau website, availability memiliki makna bahwa website harus dapat
diakses jika user ingin meggunakannya. Memang terkesan membingungkan dan tidak
berbeda dengan prinsip pertama, namun kedua prinsip ini sangat jauh berbeda
dikarenakan dilihat dari dua sudut pandang yang memang berbeda.
Pengenalan Bahasa Pemograman Berbasis Web
Bahasa Pemograman berbasis
Web memang sangat familiar dan menjadi suatu trend di kalangan pemula seperti
saya ini.Banyak software yang berbasis pembuatan Web seperti frontpage ,
Dreamweaver, dan Joomla yang databasenya menggunakan PHP dan MySql.Adabeberapa struktur pemahaman tentang bahasa
pemograman yang berbasis Web yang digunakan dalam pembuatan suatu website
maupun Blog yang harus dipahami dasar-dasarnya.Berikut merupakan bahasa
pemrograman yang berbasis Web.
1.
Bahasa
Pemrograman HTML
2. Bahasa
Pemograman PHP
3. Bahasa
Pemograman Java Script
4. Bahasa
Pemograman CSS
5. Bahasa
Pemograman ASP
6. Bahasa
Pemograman XML
7. Bahasa
Pemograman WML
8. Bahasa
Pemograman PERL
9.
Bahasa Pemograman CFM
Definisi Web Science
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika
Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.Berbagai penelitian yang
berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping)
dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung,
2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari
web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah
metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan
untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
Beberapa Aplikasi pada Web Science :
· Mozilla
· Mozilla
Firefox ( Sebelumnta bernama Firebird dan Phoenix)
· CometBird
· Epiphany,
browser default GNOME saat ini
· Camino
untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
· K-Meleon
untuk Windows
· Kazehakase
browser web GTK yang sangan ringan untuk GNU/Linux
· Beonex
Communicator
· Browser
Web IBM untuk OS/2
· Aphrodite
· Salamander
· Skipstone
· BackArrow
A. VISI
Visi pembangunan kelautan dan perikanan adalah pembangunan kelautan dan perikanan yang Berdaya saing dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.
B. MISI
Untuk mewujudkan visi pembangunan kelautan dan perikanan tersebut, maka misi yang diemban adalah:
Visi pembangunan kelautan dan perikanan adalah pembangunan kelautan dan perikanan yang Berdaya saing dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.
B. MISI
Untuk mewujudkan visi pembangunan kelautan dan perikanan tersebut, maka misi yang diemban adalah:
1. Mengoptimalkan
Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.
2. Meningkatkan
Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan.
3. Memelihara
Daya Dukung dan Kualitas Lingkungan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WEB KKP
A. KELEBIHAN
1. isi
dari berita yang terdapat dalam web sangat menarik tidak terkesan monoton
sehingga mengundang pembaca untuk membacanya
2. Dari
segi tampilan, web ini memiliki tampilan yang menarik, karena di setiap sisi
memiliki post yang berbeda-beda.
3. Dari
segi pemberitaan, web ini memiliki informasi-informasi yang menarik di bidang
perikanan dan kelautan yang selalu up to date.
4. Kita
dapat menyuarakan suara kita pada kolom Suara Anda .
5. Pemaparan
visi dan misi dijelaskan secara mendetail, sehingga mudah untuk memahami
B. KEKURANGAN
1. Kekurangan
website ini menurut saya adalah dari segi publikasi yang masih kurang. Disini
terlihat bahwa masyarakat kurang begitu mengoptimalkan peran website ini
sebagai sumber informasi dan sebagai media pembelajaran khususnya.
2. Selain
itu, tampilan website ini terlalu rumit menurut saya. Terlihat dari terlalu
banyaknya iklan dan berita-berita yang sedikit menutupi home dari website
tersebut.
3. Bahasa
yang digunakan sedikit sulit, sehingga susah untuk dimengerti oleh kalangan
pelajar ataupun mahasiswa.
4. Kurangnya
minat orang-orang untuk mengunjungi website ini membuat konten yang didalamnya
terlihat tidak ada perkembangan.
ETIKA DALAM PEMBUATAN
WEB
Ø Jangan
menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
Ø Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok
hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk
lainnya yang tidak bisa diterima orang.
Ø Menulis sesuai dengan aturan penulisan
baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap
sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa
dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah
pengertian).
Ø Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat
pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak
bertanggung jawab memanfaatkan hal itu
Ø Perlakukan pesan pribadi yang diterima
dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
Ø Jangan turut menyebarkan suatu
berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya,
karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan
mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu
bila ternyata hanya sebuah hoax.
Ø
Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
Ø Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas
pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
Ø Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau
apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang selalu tuliskan
sumber aslinya.
METADATA WEB SCIENCE
Istilah metadata mulai sering muncul dalam literature
tentang database management systems (DBMS) pada tahun 1980 an. lstilah tersebut
digunakan untuk menggambarkan informasi yang diperlukan untuk mencatat
karakteristik informasi yang terdapat pada pangkalan data. Banyak sumber yang
mengartikan istilah metadata. Metadata dapat diartikan sumber, menunjukan
lokasi dokumen, serta memberikan ringkasan yang diperlukan untuk
memanfaat-kannya.
Pengertian yang lainnya menyebutkan metadata adalah
informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau
setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali,
digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data
atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai
isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu
nantinya dalam suatu basis data.
FUNGSI METADATA :
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog
yaitu:
· membuat
sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan;
· mengidentifikasi
sumberdaya
· mengelompokkan
sumberdaya yang serupa
· membedakan
sumberdaya yang tak miliki kesamaan
· memberikan
informasi lokasi
JENIS MEDATA :
Terdapat tiga jenis utama metadata:
· Metadata
deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan
identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan
kata kunci.
· Metadata
struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama
menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu
bab.
· Metadata
administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya,
semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen
dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
APLIKASI
WEB BERBASIS MOBILE
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan
Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo
Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook
memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif,[8] lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama
mahasiswa Universitas
Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris
Hughes.
Perbedaan Aplikasi Mobile dengan Aplikasi Web Desktop
1.Fitur
Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web Desktop
Hal pertama
yang harus diperhatikan adalah bahwa aplikasi mobile bukanlah aplikasi web.
Perbedaannya adalah pada kedua sifat fitur dan jumlah fitur yang disediakan.
Aplikasi mobile mempunyai beberapa fitur baru. Aplikasi mobile akan terlihat
sangat berbeda dari aplikasi web. Pertama, dilihat dari ukuran layar pada
smartphone pasti tidak sama dengan ukuran layar desktop. Pada aplikasi web di
mana layar lebih besar, dan memiliki lebih banyak ruang untuk menu, toolbar,
dan widget.
Pengguna
smartphone dan pengguna web memiliki niat yang berbeda. Pengguna smartphone
ingin menggunakan aplikasi di mana saja, mendapatkan produktivitas maksimum
dengan tenaga sedikit, sedangkan pengguna web mungkin akan menghabiskan lebih
banyak waktu dengan menggunakan aplikasi web.
Pada
perbedaan tersebut, fitur yang paling produktif (atau paling sering digunakan)
disorot adalah pada smartphone. Aplikasi mobile menyediakan semua fitur atau
bagian fitur darinya. Beberapa bagian fitur dari aplikasi mobile akan menjadi
keunggulan dari aplikasi web.
2.Interaksi
User
Cara
pengguna berinteraksi dengan aplikasi mobile dan aplikasi web tradisional
sangatlah berbeda. Dengan kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi bagi
pengguna smartphone yang berbasis accelerometer maupun kompas, sebuah aplikasi
mobile memang dibangun secara berbeda. Contohnya adalah aplikasi game mobil
(car game), di mana mobil bermanuver dengan memiringkan ponsel ke kiri atau ke
kanan. Hal ini didasarkan pada fitur accelerometer sebuah smartphone.
Contoh
lainnya adalah aplikasi peta yang selalu menunjuk ke arah utara setiap kali
pengguna merubah arah telepon genggamnya. Hal ini didasarkan pada fitur kompas.
3.Location
Awareness
Pemetaan
lokasi adalah sesuatu yang baru untuk smartphone. Google Maps, Local Search,
Foursquare, dan banyak aplikasi mobile lainnya memanfaatkan GPS yang telah
disematkan ke dalam smartphone. Aplikasi web yang menggunakan pemetaan lokasi
juga, namun hanya dibatasi dari pengkodean negara dan tidak secara detail.
4.Push
Notification
Pengguna
aplikasi banyak yang menginginkan pemberitahuan peristiwa atau info penting
seperti e-mail dan pesan masuk. Dan smartphone adalah platform terbaik untuk
pemberitahuan, karena smartphone dekat dengan pengguna hampir sepanjang waktu.
Selain
pemberitahuan seperti e-mail atau pesan masuk, layanan apa pun juga dapat
dikirimkan sebagai pemberitahuan kepada pengguna smartphone. Lain halnya bagi
pengguna aplikasi web, pengguna harus selalu login ke sebuah aplikasi web untuk
menyelesaikan alur kerja yang melibatkan dia, akan jauh lebih produktif untuk
aplikasi untuk memberitahu pengguna bahwa ia harus melakukan tindakan untuk
menyelesaikan alur kerja. Dengan cara ini, pengguna selalu produktif, terlepas
dari apakah dia dekat dengan laptop-nya atau desktop.
Ada 2 cara
agar Web dapat compatible dengan versi Mobile:
1. Redirect
ke Domain Khusus untuk Tampilan Mobile atau Smartphone
Cara ini
adalah cara yang sudah umum namun beberapa kendala yang di temukan adalah
kebingungan mendeteksi media yang dipakai untuk membuka website tersebut ketika
di akses di domain utama (www).
Jika
membuka facebook melalui gadget atau smartphone
otomatis facebook akan mengalihkan ke situs versi
mobilenya, yakni m.facebook.com. Jika facebook dibuka melalui
PC facebook akan otomatis mengalihkan twitter ke versi PC atau domain
utama www.facebook.com. Web harus membuat versi mobile karena dalam
pengelolaan webnya admin tidak kesulitan ketika ingin melakukan editing file
dan juga karena kebanyakan pengguna lebih sering menggunakan gadget atau
smartphone.
2. Multipel
Template File
Cara kedua
ini akan sangat efektif bila membuat website menggunakan konsep konsep file
menu. Karena bila menggunakan konsep file menu kita hanya menyediakan 2 file
saja yakni header dan footer selanjutnya tinggal mendesain tampilan menggunakan
css.
Kesimpulan:Facebook
bisa di akses melalui Dekstop maupun Mobile. Sistem yang di gunakan adalah
dengan cara mendeteksi perangkat yang masuk atau terkoneksi.Jika kita
menggunakan Mobile maka akan masuk ke dalam m.facebook.com dan kalo menggunakan
dekstop masuk menggunakan www.facebook.com
Macam-macam Komunikasi
dalam Pembelajaran
1. Secara Langsung
Seorang guru/dosen memberikan pelajaran secara langsung dengan bertatap muka dengan para siswa dalam suatu ruangan ataupun di luar ruangan dalam konteks pembelajaran. Seperti yang terjadi di sekitar kita mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
2. Secara Tidak Langsung
Guru/dosen dapat memberikan suatu pembelajaran melalui suatu media tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan siswa. Dan siswapun dapat memperoleh informasi secara luas melalui media tersebut. Seperti model sekolah jarak jauh yaitu memanfaatkan media internet sebagai alat untuk pembelajaran.
Contoh Salah satu pembelajaran berbasis komunitas pada
web adalah www.kaskus.co.id.Kaskus
adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan
penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999
oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi
Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi diSeattle,AmerikaSerikat.
Bukan hanya sebagai forum jual beli dan forum diskusi biasa kaskus juga menyediakan forum edukasi.
Bukan hanya sebagai forum jual beli dan forum diskusi biasa kaskus juga menyediakan forum edukasi.
Kaskus memiliki 3 forum edukasi yaitu Civitas Academica,Sejarah & Xenology dan Sains & Teknologi
Civitas Academica membahas tentang tempat kumpul alumni dan siswa dari beragam almamater. Saling berbagi info lowongan kerja, acara reuni, dan kondisi terbaru sekolah atau universitas.
Sejarah & Xenology membahas tentang Tempat membahas sejarah/biografi tokoh dalam dan luar negeri. Juga diskusi tentang xenology (ilmu yang membahas misteri-misteri dunia).
Pembelajaran pada
Vclass
Virtual class Universitas Gunadarma, disebut juga
V-class merupakan fasilitas pembelajaran online yang digunakan untuk mendukung
proses belajar mengajar secara online oleh dosen dan mahasiswa . V-class juga
termasuk contoh dari E-learning .
Kelebihan V-class :
·
Mahasiswa di tuntut mandiri
·
Sangat efisien
·
Diberi tegang waktu yang cukup lama untuk
menyelesaikan tugas
·
Dapat memperoleh materi hanya dengan mendownload tanpa
harus bertemu dengan dosen
·
Tidak perlu datang ke kampus
Kekurangan V-class
·
Mahasiswa cenderung pasif
·
Tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswa
·
Menghambat motivasi belajar
·
Sering error sehingga tidak bisa mengerjakan soal-soal
Pada vclass terdapat pembelajaran
forum menurut saya pembelajaran forum sangat berguna karna di forum kita dapat
melihat pendapat teman-teman yang lain akan tetapi kekurangannya yaitu kita
tidak langsung menyuarakan pendapat itu tapi harus login dlu ke vclass
tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar