Selasa, 31 Oktober 2017

Tokopedia.com


Tokopedia.com adalah salah satu perusahaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
Dengan mengusung model bisnis marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet”, Tokopedia mempunyai program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Profil dan Biografi Pendiri Tokopedia: William Tanuwijaya

William Tanuwijaya dikenal sebagai Pendiri Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison. Ia lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Menempuh pendidikan hingga SMA di kampung halamannya tersebut. Setelah lulus SMA ia kemudian memutuskan berangkat ke Jakarta untuk kuliah. Ia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Selama kuliah, ia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pagi.
Setelah lulus dari kampusnya yaitu BINUS, ia kemudian bekerja di kantoran yang bergerak dibidang pengembangan software komputer. Namun lama kelamaan mulai terbesit ide dipikiran William Tauwijaya untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dimana mimpinya adalah mempunyai perusahaan Internet sendiri. Kemudian pada tahun 2007, dari idenya ia kemudian mulai membangun Tokopedia. Ide William Tanuwijaya mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang mempunyai fasilitas jual beli, hingga ia kemudian mulai terinpirasi dari hal tersebut untuk menciptakan startup baru yang kemudian ia namakan dengan tokopedia.
Munculnya Ide Mengenai Tokopedia
Ia kemudian mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. Untuk membangun tokopedia tersebut, William Tanuwijaya membutuhkan modal besar untuk idenya tersebut, keadaan makin sulit ketika ayahnya divonis penyakit kanker sehingga ia menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga. Sadar bahwa idenya pasti berhasil, ia kemudian berusaha untuk mencari pendanaan atau modal untuk mengembangkan usahanya tersebut belajar dari Google dan Facebook didirikan melalui pendanaan untuk startup melalui perusahaan ventura (pemodal).
William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal untuk memodali idenya tersebut. Dari bos di tempat kerjanya hingga kenalan teman-teman bosnya. Ia kemudian mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah pasar online atau e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia, dimana orang-orang dapat memasarkan produk-produk mereka keseluruh Indonesia melalu Tokopedia. Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga idenya tersebut dapat memecahkan masalah marketplace yang dialami di Indonesia.
Selama dua tahun, ia bekerja keras terus menerus mencari investor untuk membiayai ide ‘Tokopedia’ nya tersebut. Banyak investor yang menanyakan pengalaman William Tanuwijaya dalam berbisnis. Banyak juga yang menganggap bahwa mimpinya terlalu tinggi. Disinilah modal mengenai kepercayaan menurutnya itu sangat penting sebab sangat sulit menurutnya untuk mendapatkan kepercayaan orang lain apalagi untuk memulai bisnisnya tersebut. Semua ia lakukan dari Nol untuk membangun bisnisnya tersebut.

Alamat Tokopedia
Alamat :  Graha Handaya, Unit Q-S, Jl. Raya Perjuangan No.12A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
No.Telp : (021) 53691015
Website : http://tokopedia.com

Sejarah :
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).

Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT. Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.

Visi dan Misi Tokopedia
Visi Pt. Tokopedia adalah menjadi penyedia sarana transaksi online yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di indonesia.
Dalam mencapai visi yang telah dibuat, maka Tokopedia membuat misi perusahaan yaitu :
·         Menggunakan teknologi terkini dari web dan internet secara tepat.
·         Memperkuat produk dan layanan dari Tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.

Produk yang Disediakan
Tokopedia.com menawarkan jutaan produk yang terbagi dalam 21 kategori besar, meliputi:


·                     Pakaian
·                     Fashion & Aksesoris
·                     Kecantikan
·                     Kesehatan
·                     Rumah Tangga
·                     Dapur
·                     Perawatan Bayi
·                     Handphone & Tablet
·                     Laptop & Aksesoris
·                     Komputer & Aksesoris
·                     Elektronik
·                     Kamera, Foto & Video
·                     Otomotif
·                     Olahraga
·                     Office & Stationery
·                     Souvenir, Kado & Hadiah
·                     Mainan & Hobi
·                     Makanan & Minuman
·                     Buku
·                     Software
·                     Film, Musik & Game

Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran di Tokopedia menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.
Hingga awal tahun 2015, terdapat 5 metode pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, antara lain Saldo Tokopedia, Transfer Bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay. Dan pada pertengahan 2015 ini, Tokopedia mendukung sistem pembayaran via Indomaret.

Output dari Tokopedia
Tokopedia bergerak di bidang Ecommerce atau marketplace yang lumayan menguasai pasar Internet Marketing di Indonesia , perusahaan Tokopedia sebenarnya lebih bergerak dibidang Jasa , Yakni memberikan pelayanan atau fasilitas kepada para penjual online untuk menempatkan tokonya di Online Store Tokopedia , yang mana nantinya tokopedia memberikan 2 macam member penjual , yang pertama reguler dan yang kedua yaitu Gold , yang mana ada perbedaan antara keduanya , kalau yang member reguler merupakan member yang sebatas daftar sebagai penjual/member di website , sedangkan untuk gold yaitu mereka melakukan pembayaran untuk mendapatkan keanggotaan yang lebih baik dari reguler (ada beberapa fitur member gold yang tidak ada di member reguler), untuk lebih jelasnya berikut beberapa output (jasa) yang diberikan oleh perusahaan tokopedia :
a.    Jasa Rekening Bersama Tokopedia
Jasa Rekber atau Jasa Rekening besama merupakan sebuah Jasa yang diberikan untuk para penggunanya , biasanya jasa rekber ini nantinya di gunakan oleh penjual dengan si pembeli , prosesnya penjual melakukan pembelian di toko di penjual setelah itu baru si pembeli melakukan pembayaran ke rekening tokopedia lalu penjual mengirimk barangnya , setelah barang sampai di tangan konsumen maka uang akan di teruskan kepada pihak si penjual oleh jasa rekening bersama tokopedia.
b.    Jasa Penyedia Toko Online Tokopedia
Produk atau jasa yang ditawarkan oleh Tokopedia juga ada Jasa Penyedia Toko Online yang memungkinkan para penjua di seluruh indonesia bisa membuat dan menjalankan bisnis onlinenya di tokopedia.
c.    Pulsa Tokopedia
Tokopedia juga menawarkan produk atau fitur lainnya yaitu Pulsa Cepat , artinya pengguna Tokopedia bisa melakukan pembelian pulsa secara cepat dan aman.
d.    Tokopedia TopAds
Selai itu fitur atau produk yang di tawarkan oleh Tokopedia lainnya yaitu Tokopedia TopAds, TopAds Tokopedia merupakan sebuah produk atau FItur Adsvertising di Tokopeida yang mana sistem kerja dari fitur ini yaitu apabila ada pengguna yang menggunakan layanan ini maka iklan si pengguna tersebut akan muncul di halaman pertama tokopedia sesuai dengan keyword yang diinginkan oleh pihak si pengguna TopAds tersebut.

Tokopedia lebih mengutamakan ke penawaran produk jasa atau layanan , seperti yang dikatakan pihak Perusahaan "Kami di Tokopedia percaya bahwa marketplace adalah bisnis model paling indah di dunia, karena kesuksesan sebuah marketplace hanya dapat diraih dengan membuat orang lain menjadi lebih sukses.".

Struktur Organisasi
Perusahaan Tokopedia memiliki berbagai tim divisi untuk mencapai tujuan dari perussahaan ini , oleh karena itu tidak akan lepas dari struktur organisasi di dalamnya . Berikut struktur kepegawaian dari perusahaan Tokopedia :


Job Description
Berikut Sebagian Job Description dari masing masing jabatan di perusahaan Tokopedia :
No.
Tanggung Jawab
Indikator Keberhasilan
1
Komisaris Utama/ Komisaris :
·          Pelaksanaan rapat secara berkala.
·         Pemberian nasihat, tanggapan dan/atau persetujuan secara tepat waktu dan berdasarkan pertimbangan yang memadai
·         Pemberdayaan komite-komite yang dimiliki Komisaris. Contohnya Komite Audit, Komite Nominasi dll.
·         Mendorong terlaksananya implementasi good corporate governance.
·         Melakukan kerjasama perusahaan

Komisaris Utama/ Komisaris :
·         Telah melakukanberkewajiban mengawasi kebijakan Direksi dalam menjalankan Perseroan serta memberikan nasihat kepada Direksi
·         Memiliki itikad baik dan penuh tanggungjawab menjalankan tugas untuk kepentingan dan usaha Perseroan
·         Telah melakukan semua tanggung jawab dan tugasnya.
2
Direktur Utama/Direktur :            
·         Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretariatan.
·          Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatan perlengkapan.
·          Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan.
·         Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Direktur Utama.
·         Dalam melaksanakan tugas-tugas Direktur Umum bertanggung jawab kepada Direktur Utama.
·          Memimpin seluruh  dewan atau komite eksekutif
·          Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi.
·          Memimpin rapat umum,
·         Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
·         Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum.
Direktur Utama/Direktur :
·         Terpenuhinya kebutuhan kerja sama antara perusahaan Tokopedia dengan Perusahaan lainnya.
·         Telah mengerjakan semua wewenang dan tanggung jawabnya.

3
Marketing/ Internet Marketing :
·         Melakukan Optimisasi Tokopedia di Mesin Pencari
·         Melakukan Optimisasi di Sosial Media
·         Melakukan Riset Online (Google Keyword Planner dan Google Trend)
Marketing/ Internet Marketing :
·         Melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya.
·         Telah mencapai target divisi tim.

4
Content :
·         Pembuatan Konten di Blog Tokopedia
·         Mengkoordinir semua yang berhubungan dengan konten dalam website Tokopedia.
Content :
·         Melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya.
·         Telah mencapai target divisi tim.

5
Design :
·         Melakukan tugas yang berhubungan dengan Design dalam Perusahaan seperti design Banner, Web, hingga Design Banner Pengiklanan
Design :
·         Melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya.
·         Telah mencapai target divisi tim.


6
HRD :
·         Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
·         Membuat Kebijakan
·         Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
·         Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
·         Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
·         Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
·         Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
·         Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.

HRD :
·         Melakukan semua tugas dan tanggung jawabnya.
·         Telah mencapai target divisi tim.


Tampilan Tokopedia di website


Tampilan Tokopedia di handphone 


2 komentar: